Nama Tegaljugul berasal dari 2 kata yaitu “Tegal” = Lapangan Luas dan “Jugul” = Utusan…yaitu utusan yang dikirim dari masing-masing desa di wilayah kakawasaan Pajajaran untuk mengantar Puteri Dyah Pitaloka yang akan dinikahkan kepada Hayam Wuruk, yaitu Raja Majapahit. Tetapi pada saat itu terjadi Perang Bubat, dan pada saat selesai purang bubat Jugul dari wilayah desa kami bisa pulang dengan selamat. Maka untuk memperingati kejadian tersebut oleh sesepuh desa menamakan desa tersebut dengan nama “Tegaljugul”.

Semua ceritera tersebut di atas berdasarkan ceritera turun temurun dari para sesepuh desa dan belum ada penelitian secara ilmiah. Di dalam perjalanannya nama Desa Tegaljugul berdasarkan hasil musyawarah sesepuh desa diubahlah namanya menjadi Desa Sidamulya sampai sekarang.

Nama Desa Sidamulya terdiri dari dua suku kata berasal dari bahasa Jawa yaitu “Sida = menjadi” dan “Mulya = mulia” jadi desa Sidamulya mengandung pengertian desa yang ingin menjadi mulia diberbagai hal. Nama Desa Sidamulya terus bertahan sampai sekarang ini.

Wallahu ‘alam bishawab.

Sumber :

1. Anonim

2. Hono Hendriono

3. Penulis